Elegant Themes

Wednesday, May 13, 2015

Ketika Sesama Membutuhkanmu

Pendidikan di Indonesia, ironi dalam sebuah negeri yang kaya raya 70 tahun merdeka tapi terbelakang pendidikannya bahkan dengan negara yang sebelumnya lebih rendah. Memang banyak sekali anak-anak bangsa yang menjuarai lomba, olimpiade atau sejenisnya di kancah internasional, membanggakan? iya benar sangat membanggakan karena itu menggambarkan kita bukan bangsa yang bodoh Tapi itu tidak mewakili secara keseluruhan, masih banyak sekali daerah yang anak-anaknya untuk bersekolah saja susah tak terkecuali di Ibu Kota Negara. Sungguh ya miris meliatnya ketika negeri yang diberikan segala macam sumber daya alam oleh sang pencipta tapi tidak baik dalam mengurusnya, banyak sekali faktor yang membuat kebanyakan anak indonesia malas untuk bersekolah mulai dari tidak cukup biaya, jarak sekolah yang sangat jauh, kesadaran untuk sekolah yang masih rendah dan masih banyak hal lainnya yang saling berkaitan.

  Tercatut dalam UUD 1945 amandemen bahwa anggaran pendidikan sekurang-kurangnya adalah 20% dari APBN, yah mungkin itu sudah diterapkan akan tetapi tidak jelas dalam penggunaan dan bahkan sistem pendidikannya itu sendiri yang akhirnya berdampak pada pelayanan pemerintah dalam memberikan akses pendidikan kepada rakyat menjadi sangat buruk. Akankah kita terus mendiamkan hal ini? ataukah kita hanya bisa berteriak menuntut pemerintah ketika memang jalan diskusi sudah di ujung? Kita manusia yang diciptakan untuk peduli dengan sesama, banyak hal yang bisa kita lakukan teman terutama yang sudah menjadi Mahasiswa tentu sudah memiliki pikiran yang luas.
untuk itulah disini saya ingin mengajak teman-teman untuk bersama membantu anak indonesia, adik-adik kita, generasi penerus bangsa...setidaknya kita membantu yang ada diskitar kita.
Konsep awal dan sederhananya disini adalah :
  1. Membantu dengan memberikan binaan lewat sumber dana yang dikumpulkan dengan pengawasan langsung dari kita sendiri, bukan berarti kita mengawasi untuk apa dana tersebut digunakan. tapi kita mengawasi dan memastikan bahwa dari dana tersebut dapat membantu anak-anak bersekolah, membeli perlengkapan sekolahnya, setidaknya membuat hatinya senang untuk datang ke sekolah.
  2. Membuat kelompok belajar yang dimana kita mengunjunginya setiap akhir pekan karena itulah waktu kita sebagai mahasiswa, dan apabila ada yang mampu meluangkan waktunya dengan senang hati mengharapkan kepeduliannya.
Membutuhkan Fasilitas awal yaitu buku, kepada temen-temen yang memiliki buku-buku yang sudah tidak terpakai untuk rela disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan, banyak sekali hal kita dapat dari apa yang kita berikan.
  3. saya pribadi berharap suatu saat bisa mendirikan atau setidaknya membantu pendirian sekolah di daerah yang memang sangat membutuhkan. 
Apakah ini ambisius? yah saya belum banyak mengerti tentang ini, tapi saya terus memahami dan mewujudkan semoga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memikirkannya, mohon kepada teman-teman yang peduli untuk meluangkan waktu, memberikan pemikirannya untuk apa yang kita sebut sebagai pengabdian kepada bangsa.
Mungkin ada yang berkata ide yang buruk untuk orang yang biasa diam, tapi kawan kita ini orang indonesia yang sifatnya menghargai pendapat sesama jadi jangan terlalu di khawatirkan.
Yuk Wujudkan Indonesia Children Foundation to save the children to save the nation startup with your self!
Sebagai catatan ini masih keinginan belum menjadi kenyataan karena belum ada jaringan yang mendukung atau bisa dibilang belum ketemu orang-orang yang satu tujuan, tapi mudah-mudahan terlaksana.

No comments:
Write comments

Search This Blog