Dota adalah game yang saat ini sedang dan masih mem BOOMING! Skill, kerja sama, kemampuan berpikir, strategi, semuanya dapat terlatih disini. begitupun dengan daya kecepatan berpikir, kemampuan berfantasi, kemampuan membentuk suatu pola yang sistematis juga dapat dilatih dari game ini.
berikut ini adalah sedikit tulisan diatas kertas dari saya mengenai TINGKAT PERMAINAN seorang gamers dota:
TINGKAT PERMAINAN
1.NEWBIE PLAYER
cupu player adalah seorang pemain yg BARU main dota. cupu player bener2 pemain yg menyusahkan dan menjadi beban tim karena dia tak mengerti bagaimana seharusnya main dota. ciri2 nya adalah :
A.Tidak suka meng Harras musuh
B.Tidak bisa memposisikan diri saat memukul musuh dengan menahan badan creeps
C.belum bisa melakukan creeping dan denies
D.tidak mengerti peran hero (tanker,support,killer)
E.tidak dapat memposisikan hero dengan baik, selalu ada celah
F.belum mengerti penggunaan skill secara maksimal
G.dalam bermain, belum berpikir secara menyeluruh
E.tidak memperhatikan sinyal ataupun pergerakan di minimap
H.tidak menggunakan shortkey dalam memakai skill
I.pergerakannya selalu belum tepat
2.BEGINNER PLAYER
Beginner player sudah setingkat lebih maju dari Newbie player
ciri2nya :
A.Mulai mengerti meng HArras musuhnya
B.Sudah mampu melakukan Creeping dan denies meskipun belum terlalu baik
C.Bermain mulai berhati hati
D.mulai mengerti peranan hero
E.belum terlalu memberi kontribusi yang baik bagi tim,begitupun saat sedang WAR
F.penggunaan equip masih belum tepat
G.liat minimap meskipun masih suka kelupaan
H.sudah mulai menggunakan shortkey dalam memakai skill, meski masih kadang kadang
I. Belum mengerti betapa pentingnya equip2 dasar yang berharga murah
3.ROOKIE PLAYER
Rookie player biasanya uda main dota cukup lama,dia bisa dijadikan tumpuan tim dan posisinya dalam tim bisa diharapkan dan tidak membebani tim.
ciri2nya :
A.main tanpa perlu diajari,sudah tau tentang fungsi skill peran tiap hero dan menggunakannya dengan benar
B.sudah sering nonton replay tim2 besar macam fnatic,sk,ks DLL
C.sudah tau creeping dan bisa creeping dgn lancar dan juga denies
D. mampu meminimalisir kesalahan yang terjadi di early game, baik saat war, memposisikan diri di line, dsb.
G.melihat posisi minimap dengan lumayan baik dan jeli apabila ada tanda2 hero musuh,meskipun miss msh bisa terjadi
H.sudah mulai mengerti dan mampu melakukan manuver2 pergerakan yg mampu mengecoh musuh, penempatan posisi pun sudah bagus.
I.menggunakan shortkey
J.sudah bisa memainkan sebagian besar hero dengan baik,namun hero2 yg agak sulit seperti meepo,pandaren,mirana,dan chen,msh belum bisa dimainkan dengan lancar,
K.melakukan penghitungan jumlah mana skill dan damage skill apabila akan menggunakan skill tersebut ke musuh
L.SANGAT JARANG atau bahkan ga pernah ikut turney dan bahkan clan war.ataupun ada juga yg ikut turnamen kecil2an misalnya rookie turnamen ataupun turney2 dalam kota atau 1 daerah yg sifatnya msh lokal lah bukan interlokal ^^
M.performa saat turney atau clan war tidak sebaik dengan saat main di BNET biasa
N.masih kurang pandai dalam meletakan posisi sentry dan observer,serta dalam menggerakan flying kurir
4.PRO PLAYER
sudah sangat lama main dota,sudah sering ikut turney2 bsar macam WCG,WGT,. sering main dota,bisa sehari 4 jam sampai 5 jam main dota terus2an,bahkan bisa seharian penuh.
semua skill dan ciri-ciri 2 atau 3 bahkan 4 kali lipat diatas rookie player.sudah mengerti main observer,burung,bisa main hero macam chen dan meepo serta pandaren dengan baik sekali,bisa menggunakan skill2 hero itu dengan lancar meskipun dengan kondisi war yang ribet sekalipun.
mau dijadikan ATM kaya apa tetep aja equipnya jadi,misalnya game NRM VS FNATIC padahal bahamut(obsidian) ATM awal2 tp tetep bisa jd PT orcid mistik staff dan BKB.sudah tau betul titik2 FOG dalam dota dan bisa memanfaatkannya dgn baik.konsisten dalam bermain baik di pub maupun saat turney dan clan war.
pengetahuan akan hero,penggunaan equip sudah lebih baik,mempunyai manuver2 yg bagus dan indah diliat dalam bermain, memiliki kecepatan tangan yg sangat baik,,ciri2 pemain ini sulit sekali dijelaskan,yang pasti semua skill dan kelemahan yg terlihat pada amateur player sudah hampir tidak ada sama sekali,coz udah lebih jago dr amateur. mereka juga memiliki strategi yang jauh lebih baik dari pemain amateur.
BIASANYA pemain pemain ini jarang sekali saya lihat menghina sesama rekan tim dan menyalahkan rekannya,mereka juga jarang sekali bacot2an terhadap musuh tak dikenal.
Dota adalah permainan TIM dan MENTAL. namun jangan lupa skill individu juga dibutuhkan. ketiga hal ini merupakan 1 kesatuan yang tak bisa dipisahkan, MENTAL SKILL DAN TEAMWORK
Dota juga permainan yang tidak bisa mengukur kemampuan seseorang lebih baik dari kemampuan orang lain hanya berdasarkan skor kill and deathnya saja, sebab permainan dari dota hanya terdiri dari 1 inti dasar
"siapa yang lengah, maka yang lain akan memanfaatkan kelengahan tersebut"
kelengahan dapat terjadi kepada pemain manapun, sebab tak ada yang sempurna di dunia ini.
hanya saja tingkat intensitas kelengahan dalam diri seorang pemain tentu saja kembali kepada tingkatan mereka dan jam terbang mereka dalam bermain dota.
bukan hanya lengah yang mampu menjatuhkan sebuah tim ataupun seorang pemain, tentu saja penentuan hero pun menjadi alasan lain. hero hero intelligent yang memiliki skill magic tipe HArras yang lebih mumpuni dari hero hero lainnya, tentu akan lebih menyulitkan hero hero macam hero agility.
map kontrol dan feeling juga diuji, namun lagi2 itu juga kembali kepada jam terbang si pemain.
tidak ada yang pasti dalam dota, belum ada yang menang dan kalah sampai game benar benar sudah habis.karena itu dalam hal ini mental sangatlah diperlukan.
SITUASI DAN KONDISI
setiap kondisi dan situasi dalam game dota sangat berbeda. permainan dota yang seru terlihat dr tingakatan skor yg sejajar,misalnya 20-25, 29-33, 30-33, 40-40
perbedaan level pemain juga tak terlalu jauh. misalnya cupu VS cupu, amatir VS amatir, beginner VS beginner, pro VS pro
maka jika permainannya berada dalam tingkat yg sama,jumlah skor tidak akan beda jauh dan pertandingan akan menarik. dalam catatan kondisi kedua tim sama. tidak ada faktor lag, ataupun stamina dalam tiap pemain.
pemilihan hero,kondisi koneksi,kondisi mood,kesehatan,semangat pantang menyerah, juga mempengaruhi permainan suatu tim.
jumlah kill pun ga mempengaruhi hero tersebut jago atau tidak dimainkan,misalnya hero macam lion,musuh sekarat FINGER2 dan FINGER ya pasti banyak kill,padahal cara mainnya sekelas amatir,tapi bisa kill sebanyak pro player.
silahkan diliat replay dari PRO PLAYER(ritter) VS random team (isinya beginner dan amateur)
liat gimana berjayanya OBsidian ritter bahkan di hajar 3 hero pun malah 3 hero yg mati (catatan disini HP ritter juga sudah tiris dr awal)
see the replay : http://www.kitaupload.com/download.p...erbyritter.w3g
lalu coba lihat dan bandingkan dengan game gw yg 1 ini
sentinel
Naix (me) amateur
NA amateur
yurnero amateur
kunkka amateur
tiny amateur(dunno about this)
scourge
puck amateur (semi pro)
zeus amateur
techies beginner
razor beginner
luna amateur
disini tim gw kalah,main hampir 80 mnt,,ini game yg menarik,sebab game play kami yg ga beraturan meskipun awal2 yurnero uda BF 2 dalam waktu kurang dr 40 mnt tetep aja kalah,ga ada kordinasi di tim kami,disini hero 5 melee melawan 5 range dimana 5 range tersebut ada tecis. melee mau lawan bom tecis caranya gmn????even dgn gem..hahah game menarik ni enjoy it..
see the replay : http://www.kitaupload.com/download.p...=772mynaix.w3g
jadi sebelum anda meng JUDGE orang cupu/tidak,lebih baik liat permainan orang tersebut secara keseluruhan.
misalnya ada tim A dan B
di tim A
1.ritter pro kardel 1st pick
2.si asu beginner rikimaru 2nd pick
3.si asi beginner BC 3rd pick
4.si asa amatir gondar 4th pick
5.si ase cupu akasa 5th pick
di tim B
1. si anu pro zeus 6th pick
2.si ana pro venge 7th pick
3. si ani amatir balanar 8th pick
4.si ano beginner lich 9th pick
5.si ane beginner leviatan 10th pick
disini ritter memilih pertama dan salahnya, temen2nya milih hero yg ga bisa saling cover 1 sama lain.
misalnya ritter solo mid vs zeus. sampai menit 20 kill 1 mati 5,bukan karena dia kalah di line mid sama zeus,tapi karena dia dibokong2 terus sedangkan teman2nya bisa ilang smua dan bisa blink(kalah hero)
apakah berarti dia cupu???ditambah lage kondisi hero musuh yg begitu baik,dan hero tim dia yang bnyk carry nya hp empuk2 membuat tim ritter kelabakan. smua ini bisa jadi faktor seseorang bermain kurang baik,ga ada nya kordinasi dalam tim ritter bisa saja membuat dia jadi atm berat sampai akir game.
jadi siapapun bisa jd ATM dalam kondisi apapun,even pro player apalage beginner player dan amatir.
dan meskipun berada dalam tingkat yg sama,sekali lagi INTENSITAS dalam bermain mempengaruhi juga loh,,jangan aneh kalo sama2 pro tapi kalah jam terbang hehehe.dan jangan aneh kalo misalnya orang main dota 3 tahun kalah ama yg main dota 1 tahun,yg 3 tahun main sebulan skali yg 1 tahun main tiap hari,hehehehehe
permainan imbalance atau biasa yg disebut imba itu seperti apa cih??
sebenarnya pengertian imbalance atau "hal yang tidak seimbang" itu lebih pantas disebutkan dalam game tersebut daripada ke skill individu seseorang. mengapa ritter sering kali disebut imba???
jawabannya simple
KARENA DIA MELAWAN MUSUH2 YANG TIDAK SEJAJAR TINGKATANNYA DENGAN DIA
so skill dia ga bisa di hyperbolakan dengan istilah IMBA/imbalance/tidak seimbang, why???
simple aja anak umur 5 tahun melawan 10 tahun,anak 5 tahun dibanting ampe mati,apakah anak 10 tahun itu disebut memiliki kekuatan yg imba???? I DONT THINK SO
lalu bagaimana jika ritter berhadapan dengan tingkatan yg sama???apakah musuhnya itu masih akan mengatakan dia imba??
nope,karena skill mrk sejajar siapapun yang kalah dan menang masing2 akan menganggap musuhnya itu "biasa" itu karena mereka berada dalam posisi yg sama.
TACTICS
DOta juga tak bisa dilepaskan dari kemampuan berpikir anda dalam hal penggunaan taktik yang tepat. tentu saja dibutuhkan kerja sama yang baik dalam hal ini. bukanlah suatu hal yang jelek apabila kita melihat dominasi suatu tim dan kehebatan skill seorang pemain bahkan kedua belah tim dalam game dota, namun adalah hal yang sangat mengesankan dan luar biasa apabila pemakaian taktik dan game play yang sangat baik diperankan dalam 1 tim ataupun kedua belah tim.
Taktik 1. cara menghadapi tim dengan skill area dan skill harras yang mumpuni.
Item Recommendation:
A. Boots of travel
B. BKB/Lothar
C. Diffusal blade
D. kellen dagger
E. phase boots
F. Yasha or sange Yasha
G. HOD
H. HOT
Salah 1 item diatas adalah juga salah satu PENENTU kesuksesan tim anda yang sudah putus asa untuk menghadapi tim yang memiliki skill area yang mengerikan. fakta bahwa sebagian besar HERO dengan skill area memiliki kemampuan dasar untuk creeping yang kurang bagus ( dalam hal ini ASPD dan damage), pada dasarnya menjadikan hero mereka adalah hero membunuh jika terjadi war ataupun gangbang. jadi jangan heran jika tidak membunuh Via gangbang ataupun war, maka equip yang dipakai pemain cenderung "biasa aja". tapi semua itu tentu saja tergantung skill pemain dan kondisi permainan.
lakukanlah PUSH LINING jika melawan tim yang seperti ini. fakta mereka kurang begitu baik bila hanya berdua ataupun sendiri, membuat ketergantungan mereka antara 1 dan yang lain begitu besar, ditambah lagi biasanya di tim ini tak ada " pembunuh " murni, mungkin salah 1 atau salah 2 dari mereka akan memiliki equip yang menyeramkan, namun Fakta ketergantungan mereka belum bisa dihindarkan. anda bisa memakai travel, lotar, bkb, difusal, sange yasa, phase, DLL untuk melakukan push line. fakta bahwa beberapa dari mereka memberikan survive ability tambahan berupa move speed, memperlambat musuh, menghilang dan anti magic membuat anda dapat dengan mudah lari apabila anda diganggu dalam melakukan push line. jika musuh sedang melakukan push, anda jangan panik dan tetap bertahan, usahakan 1 menyerang line, dan yang 4 sebisa mungkin bertahan sekuat tenaga. jika ini dilakukan terus menerus, bukan tidak mungkin tim anda bisa membalik keadaan.
apalagi bila dalam melakukan push line, ternyata ada 1 atau 2 hero musuh yang ternyata gegabah dan melakukan kesalahan, hal ini bisa memperlambat kekalahan anda. gunakanlah push line terus menerus dengan memilih salah 1 equip diatas, dan kaburlah bila anda sedang diganggu, namun jangan kabur jauh2, pantau line yang kamu push, bila sudah tak ada hero, push lagi, dan begitu seterusnya hingga tower hancur 1 demi satu. strategi ini terbukti ampuh karena tim saya hampir kalah oleh lakuci DKK, meski kami menang skor jauh 51-23. tapi kami menang BD dan sama2 mega creep. jangan lupa juga lakukan BD untuk lebih memastikan hancurnya tower musuh, atau potong jalur creep musuh agar creep anda memiliki HP yg masih penuh saat di line. sisanya tinggal keberuntungan anda dan kelengahan musuh, serta seberapa hebat "pembunuh" anda.
Taktik 2.menghadapi hero late game yang telah berkembang
Item Recommendation:
A. The Butterfly
B. Assault Cuirass
C. Blade mail
D. Dagon
E. HOT
F. Guinsoo
G. Blade mail
Fakta bahwa hero2 agility akan sangat mengerikan jika sudah berkembang adalah mimpi buruk. namun bukan berarti tak bisa dihadapi. mereka memiliki kelemahan kelemahan yang justru dapat menjadi ancaman bagi mereka. selain HP yang kecil dan bisa diatasi dengan Dagon, Blade mail adalah alternatif, karena blade mail new adalah mengcounter semua pukulan fisik(CMIIW) baik range maupun melee hero. dan biasanya hero2 agi adalah hero2 yang memakai pukulan fisik. gunakan juga butterfly agar pukulan musuh dapat miss 30%. anda dapat memakai guinsoo dan meperbesar HP atau armor anda sekaligus untuk menyulitkan "pembunuh" di tim musuh anda.
Taktik 3.melawan musuh di LINE dengan kemampuan Harras yang tinggi
Item recommendation:
A. Tango
B. flask saphire water
C. ROH/ROR
D. Bracer
E. gauntlet of strength
Fakta bahwa hero yang memiliki kemampuan harras seperti Lich dan tinker adalah suatu yg menyebalkan. jangan takut, bermainlah dengan aman, logikanya, jika dia membunuh anda dengan dia akan mendapat 200 gold ++, setara dengan 4/5 creeping. maka bermainlah seaman mungkin. gunakan tango dan water sebanyak banyaknya. tenang saja, mereka juga butuh clarity untuk mengisi mana mereka. jika mereka bosan mencicil anda yang memiliki cadangan pengisian HP yang berjibun, toh mereka pasti akan bosan dan pindah line. jangan lupa memperhatikan gerakan musuh anda dan pandailah mempergunakan FOG. majulah saat creep musuh sudah akan mati agar mendapat EXP, dan mundurlah saat creep musuh belum akan mati. bermainlah seaman mungkin, karena kemungkinan apapun dapat terjadi dalam dota. saat ini anda miskin, mid game?? belum tentu, perubahan apapun dapat terjadi dalam dota. karena itu bermainlah dengan pintar. tariklah creep atau jika anda mampu bermainlah di hutan agar lebih aman. jangan lupa gunakan observer agar lebih pasti.
MENTALITAS
mental adalah hal yang penting di dota. jangan cepat menyerah dan memastikan kemenangan lawan. sehebat apapun skill dan equip musuh, tidak ada yang pasti dalam dota. pergunakanlah kemampuan anda semaksimal mungkin. pelajari kemampuan tim musuh dan kemampuan heronya masing2. jangan lupa untuk mempelajari kesalahan yang telah anda buat. jangan sampai anda jadi ATM dan dihina CUPU karena anda melakukan kesalahan terus menerus.
creeping lah semaksimal mungkin saat anda bisa. sebab tim musuh tak akan membiarkan musuhnya berkembang. jangan lewatkan 1 creep pun jika anda sedang miskin2nya. bukannya tidak mungkin di tangan anda, tim anda bisa membalik kedudukan. percayalah dengan kemampuan rekan se tim anda sejelek apapun kemampuannya, kalau perlu beri nasihat dan saran pada teman anda yang ATM, bukannya memberi makian dan cacian, sebab itu akan memperkecil kemungkinan menangnya tim anda dalam gama tersebut. jangan takud dibilang CUPU dalam menggunakan taktik BD, jika tak ada perjanjian NO BD maka lakukan apapun agar bisa menang, tentu saja jangan memakai CHEAT DAN MH!! jangan menyerah jika tim musuh sudah mega creep, tetaplah bertahan sampai anda benar2 kalah. sebab jika anda selalu menyerah sebelum benar2 kalah, anda akan kehilangan satu hal dalam dota, yaitu "semangat juang"
jika dalam kondisi yang pasti, jangan segan mati untuk mempermudah kemenangan tim kita, ataupun kesempatan kill hero "pembunuh kita". sebab seringkali ditangan hero "pembunuh", suatu tim dapat membalik keadaan. tetap waspada dan jangan membiarkan musuh memberi peluang menghajar kita. buat lah musuh terkecoh dan manfaatkan kelengahan musuh itu.
Regard
*WhiN-wHiN*
"isi dapat berubah sewaktu waktu"
Special thanks to:
XCN-Idle
Lakuci
RItter
Because gimme some inspiration
No comments:
Write comments